Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

The Beatles Akan Merilis Lagu Terakhir John Lennon dengan Bantuan Kecerdasan Buatan

Berita menggembirakan bagi semua penggemar The Beatles! Band legendaris ini akan merilis lagu terakhir mereka yang dinyanyikan oleh mendiang John Lennon. Kabar ini diumumkan secara hangat oleh Paul McCartney dalam sebuah wawancara dengan Radio BBC 4. Yang menarik, McCartney mengungkapkan bahwa ia menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menghidupkan kembali suara John Lennon.

Foto oleh: dpa/picture alliance

Tujuannya adalah menciptakan apa yang disebut McCartney sebagai "rekaman terakhir" The Beatles. Meskipun McCartney belum merinci lagu spesifik yang akan dirilis, laporan-laporan mengindikasikan bahwa lagu tersebut adalah "Now and Then," sebuah komposisi oleh Lennon dari tahun 1978.

Menurut laporan dari BBC, perjalanan ini dimulai pada tahun 1994, ketika istri Lennon, Yoko Ono, memberikan rekaman demo kepada McCartney dengan catatan bertuliskan "Untuk Paul." Rekaman tersebut berisi lagu-lagu yang direkam oleh Lennon beberapa saat sebelum pembunuhan tragisnya pada tahun 1980. Dalam rekaman tersebut, Lennon duduk di depan piano di apartemennya di New York dan merekam lagu-lagu itu dengan menggunakan boombox, menghasilkan "suara lo-fi yang belum sempurna."

Pada pertengahan tahun 1990-an, The Beatles awalnya mencoba merekam lagu ini, namun George Harrison menentangnya karena kualitas vokal Lennon yang kurang memuaskan dan kebisingan yang terus-menerus terdengar dari luar apartemen. McCartney menggambarkan lagu tersebut memiliki lirik yang indah dan vokal Lennon yang menawan, meskipun membutuhkan beberapa perbaikan.

Untuk mengatasi masalah audio ini, McCartney memutuskan untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Terinspirasi oleh kolaborasinya dengan Peter Jackson dalam serial dokumenter Beatles tahun 2021, McCartney menggunakan program AI untuk memisahkan vokal Lennon dari kebisingan latar belakang yang tidak diinginkan. Sistem AI tersebut dilatih untuk membedakan antara suara Lennon dan suara piano pengiring, sehingga mampu meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan.

Meskipun tanggal rilis resmi untuk rekaman terakhir The Beatles belum diumumkan, McCartney mengungkapkan bahwa lagu ini akan tersedia dalam tahun ini. Ia juga mengaku memiliki perasaan campur aduk tentang penggunaan AI, mengakui potensi dan kekhawatiran yang terkait dengan teknologi tersebut.

Bagi para penggemar setia The Beatles, ini adalah berita yang benar-benar menggembirakan. Lagu terakhir yang dinyanyikan oleh John Lennon akan membawa kita kembali ke era keemasan band ini. Dalam era modern yang penuh dengan inovasi teknologi, McCartney dan timnya telah memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman musik yang tak terlupakan. Semoga lagu ini akan menjadi persembahan yang indah dan menghormati warisan musik yang ditinggalkan oleh John Lennon dan The Beatles. Mari kita nantikan rilisnya dan merayakan keajaiban musik dari band legendaris ini sekali lagi.

Post a Comment for "The Beatles Akan Merilis Lagu Terakhir John Lennon dengan Bantuan Kecerdasan Buatan"