Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Diet Mediterania Menjadi Pilihan Terbaik untuk Mencegah Alzheimer dan Demensia

Kamu udah pernah denger belum, tentang Diet Mediterania? Ini tuh pola makan yang kece banget dan terinspirasi dari cara hidup orang-orang di negara-negara Mediterania kayak Italia, Spanyol, Yunani, dan Prancis. Gak cuma kece, tapi diet ini juga udah lama terkenal sebagai salah satu pola makan paling sehat di dunia, deh.


Foto oleh Taryn Elliott by Pexels.com

Aku baru baca beberapa jurnal ilmiah nih, dan mereka bilang kalo diet Mediterania ini bisa bantu mencegah penyakit alzheimer dan demensia, serta memberikan manfaat kesehatan lainnya yang gak kalah penting, kamu tahu?


Ada nih satu studi keren yang diterbitin di The New England Journal of Medicine tahun 2013. Mereka melakukan penelitian ini sama lebih dari 6 ribu orang yang usianya antara 55-80 tahun dan berisiko tinggi kena penyakit kardiovaskular. Nah, hasilnya menunjukkan kalo orang-orang yang makan ala diet Mediterania dengan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun itu punya risiko lebih rendah buat kena penyakit alzheimer, loh! Beda banget sama kelompok yang gak ikutin diet ini.


Terus, aku juga temuin penelitian lain yang diterbitin di Journal of Alzheimer's Disease tahun 2014. Mereka ngomongin kalo diet Mediterania ini bisa bantu melindungi kemampuan otak dan mengurangi risiko demensia pada populasi yang lebih tua. Mereka ngikutin lebih dari seribu orang selama lebih dari 6 tahun, dan hasilnya menunjukkan kalo orang-orang yang bener-bener ngikutin diet Mediterania secara ketat punya risiko lebih rendah buat kena demensia dibandingkan dengan yang gak ngikutin pola makan ini. Kayaknya asik banget, kan?

Foto oleh Geralt by Pixabay.com

Oh iya, alasan kenapa diet Mediterania ini bisa bantu mencegah penyakit alzheimer dan demensia adalah karena kandungan nutrisinya yang seimbang dan banyak antioksidannya. Diet ini banyak banget buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang isinya kaya akan antioksidan kayak vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Nah, antioksidan ini punya peran penting buat melawan kerusakan di otak yang berkaitan dengan penyakit-penyakit neurodegeneratif kayak alzheimer dan demensia.


Selain itu, diet Mediterania juga terkenal karena mengandung lemak sehat, terutama minyak zaitun dan ikan berlemak kayak salmon yang kaya akan asam lemak omega-3. Nah, asam lemak omega-3 ini udah terbukti banget punya efek perlindungan buat fungsi otak dan kemampuan berpikir yang baik. Aku baca nih, di salah satu penelitian yang diterbitin di Archives of Neurology tahun 2006, mereka nemuin kalo makan makanan yang tinggi asam lemak omega-3 bisa bantu turunin risiko kena penyakit alzheimer. Keren banget, ya?


Jadi, kesimpulannya, berdasarkan beberapa jurnal ilmiah yang aku baca tadi, diet Mediterania ini emang yang terbaik buat kesehatan dan mencegah penyakit alzheimer serta demensia. Jadi, yuk kita coba ikutin pola makan ini, biar kita bisa tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit yang serius ini. Aku yakin kamu pasti bisa, bro!


Post a Comment for "Mengapa Diet Mediterania Menjadi Pilihan Terbaik untuk Mencegah Alzheimer dan Demensia"